welcome to my blog, don't forget to leave your messages or comments, and be my followers,please:)
Thursday 10 January 2013

pengganti darah domba dengan darah manusia golongan darah O pada media agar darah.

Pertanyaaannya sekarang kenapa harus diganti dengan darah manusia gol darah O yang kadaluarsaan dan kenapa bukan darah manusia yang bergolongan darah lain saja yang digunakan ?
ini penjelasannya dari situs lain :
Media agar darah digunakan untuk menumbuhkan, mengisolasi serta mengidentifikasi bakteri patogen yang membutuhkan darah untuk pertumbuhannya. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan melihat kemungkinan pemanfaatan darah manusia yang kadaluarsa sebagai pengganti darah domba dalam pembuatan media agar darah dan u
 ntuk melihat kemampuan darah manusia kadaluarsa dalam memberikan kualitas pertumbuhan bakteri yang sama dengan darah domba.

Pada hal ini digunakan 3 sampel darah manusia bergolongan darah O yang telah kadaluarsa 1 sampai 10 hari dan darah domba sebagai kontrol. Dalam penelitian ini digunakan isolat bakteri yaitu Streptococcus beta hemo/yticus.

Hasil penelitian tersebut menunjukan media agar darah (darah manusia yang kadaluarsa 1 sampai 10 hari) mempunyai kemampuan isolasi dan identifikasi koloni bakteri yang sama dengan media agar darah (darah domba).

Dan karna Gol darah O lebih banyak mengandung protein dibanding gol darah yang lain.

2 comments :

Laboratorium Biologi said...

Dear elis,

Apakah pernah mencoba pengganti darah tersebut memakai darah ayam ?


Thanks

Ones said...

apakah ada referensinya ?

Post a Comment

 
;